Minggu, 21 April 2013

CARA MERAWAT KIPAS ANGIN


                                                                  SIGIT SERVICE

                                                   CARA MERAWAT KIPAS ANGIN







Bismillah,

Menanggapi usulan dari dari beberapa pengunjung blog ini yakni untuk memuat  Cara Merawat Kipas Angin, maka dengan segala kerendahan hati kami hadirkan tulisan CARA MERAWAT KIPAS ANGIN walaupun saya percaya pasti masih banyak kekurangan di sana-sini.

Kipas angin adalah suatu alat yang sudah sangat populer di semua kalangan, baik kalangan atas, menengah, maupun kalangan bawah. Dan ragam kipas angin pun semakin banyak dengan harga yang beragam pula dari yang paling murah dengan harga puluhan ribu sampai harga ratusan bahkan jutaan rupiah, yang tentunya semakin mahal harganya pasti disertai dengan tekhnologi yang semakin canggih. Akan tetapi baik yang mahal ataupun yang murah, tekhnologi biasa ataupun yang canggih, semua itu tetap memerlukan perawatan. Hal itu dilakukan agar alat tersebut bisa bekerja sesuai dengan fungsinya dan juga akan memperpanjang umur. Dan yang akan kami bahas disini adalah perawatan untuk kipas dengan harga puluhan dan ratusan ribu, dalam artian bukan kipas yang mahal dan yang neko-neko, alias yang biasa dipakai orang banyak.

Pekerjaan ini bisa dilakukan oleh siapa saja asal bukan anak-anak, dan tidak perlu seorang teknisi khusus. alatnyapun sederhana. Adapun alat yang digunakan yaitu :  Obeng kembang(+), obeng min (-), tang buaya (tang lancip), tang biasa, tang potong, kuas, dan minyak pelumas (oli).


Adapun langkah-langkah perawatan kipas angin adalah sebagai berikut :

  1. Bukalah penutup kipas depan diteruskan dengan melepaskan kipasnya, dan selanjutnya penutup kipas belakang. Untuk membuka penutup kipas depan ada beberapa cara : ada yang dicongkel dengan obeng min, ada yang di buka dulu kancingnya, ada pula yang dikendorkan bautnya, dan untuk kipas angin yang bentuknya kotak dilepas semua bautnya. Untuk melepas kipas, untuk kipas angin ukuran kecil langsung ditarik saja, untuk kipas angin besar dengan melepas kan pengunci kipas diputar ke kanan sampai lepas, kemudian baru ditarik kipasnya. Untuk penutup belakang lepaskan dulu mur pengunci dengan memutar ke kiri, baru penutup bisa dilepas.
  2. Membuka pelindung motor, yaitu dengan melepas semua baut yang ada dengan hati-hati
  3. Setelah terbuka pelindungnya maka akan terlihat seperti gbr di bawah ini : 

  4. Bersihkan semua kotoran yang menempel pada masing-masign bagian dengan menggunakan kuas, khusus untuk membersihkan motornya lakukan dengan sangat hati-hati. 
  5. Bila mampu lepaskan baut yang ada di motor dengan sangat hati, karena kalau kurang hati-hati obeng bisa terpeleset dan mngenai gulungan yang berakibat fatal, motor akan mati, dan tamatlah sudah. Kalau dirasa susah untuk melepaskan baut lebih baik nggak usah dilepas dan langsung saja kasih pelumas pada bosing depan dan belakang seperti pada gambar berikut. dan pastikan as bisa berputar dengan lancar dan tidak ada beban gesekan. kalau masih agak seret, ulangi pelumasan sampai lancar.
  6. Kalau bisa melepaskan semua baut langkah berikutnya buka tutup gulungan depan dan belakang sehingga terlihat seperti pada gambar di bawah ini, dengan catatan jangan sampai ada kabel putus, kalau sampai putus harus diingat dan harus bisa disambung kembali setelah selesai pelumasan.

  7. Berikan pelumasan pada bosing seperti gbr. di atas, caranya teteskan oli setetes demi setetes pada sekeliling bosing, pada bosingnya dan pada as rotor (jangan lupa disekeliling bosing harus di kasih oli karena disitu ada gabus yang bisa menyimpas oli lebih lama untuk persediaan bosing itu sendiri) . Teteskan oli secukupnya saja, jangan sampai terlalu basah sehingga oli membasahi gulungan yang bisa berakibat kurang baik.
  8. Setelah pelumasan selesai dan semua komponen sudah dibersihkan, maka langkah selanjut adalah merangkai kembali komponen yang ada sehingga terbentuk kipas angin yang bisa dimanfaatkan seperti sedia kala dengan hasil yang lebih maksimal tentunya. Adapun yang pertama adalah merangkai kembali motor terus dipasang semua bautnya, dikencangkan mur-baut nya jangan lupa dicoba as-nya diputar dan harus benar-benar lancar (enteng). Kalau terasa berat cobalah diketok-ketok pakai palu secara perlahan pada badan tengah, depan, dan belakang, hal ini dilakukan supaya kedudukan as dan bosing depan dan belakang sejajar sehingga putaran as lancar.
  9. Setelah putaran as dirasa cukup lancar, maka langkah selanjutnya cobalah dengan listrik terlebih dahulu sebelum terpasang perangkat lainnya. Cobalah speednya maupun swimnya. Pastikan semua berjalan dengan baik.
  10. Maka lengkah terakhir adalah merangkai semua komponen yang ada satu persatu. Tentu saja setelah semua dalam keadaan bersih dan kering. Kipas siap digunakan.